-->

[Review] Coppelion

author photo Oktober 30, 2021

Pada rubrik anime review kali ini, anime yang akan kami ulas adalah Coppelion. Coppelion diproduksi oleh studio GoHands pada 2013 lalu. Anime populer yang pernah diproduksi oleh studio ini adalah Project K.

Coppelion sendiri berasal dari komik yang sama oleh Inoue Tomonori dan merupakan anime pasca-apokaliptik.

Story (6.3/10):
Naruse Ibara, Nomura Taeko dan Fukasaku Aoi

Naruse Ibara, Nomura Taeko, dan Fukasaku Aoi, mereka adalah Coppelion, clone yang direkayasa kebal dari radiasi. Di Jepang, krisis nuklir menyebabkan kota Tokyo dikarantina karena memiliki radiasi yang cukup berbahaya. Namun, diketahui kalau masih ada yang hidup di sana.

Alasan kenapa mereka masih bisa hidup di sana adalah karena mereka memakai masker udara yang pernah disiapkan ketika radiasi belum menyebar sepenuhnya di kota Tokyo.

Kini, Naruse Ibara, Fukasaku Aoi, dan Nomura Taeko dikirim ke sana untuk menemukan mereka dan keluar dari sana.


Aku pikir Coppelion memiliki konsep yang luar biasa. Tapi, itu tidak berhasil seperti yang diinginkan baik oleh pembaca maupun penonton anime nya. Aku tidak berkata Coppelion memiliki alur cerita yang buruk. Tapi, itu tidak luar biasa, tetapi masih menarik untuk diikuti. Kamu akan menemukan banyak hal sedih di dalamnya. Aku tidak tahu apakah ini akan mempengaruhimu atau tidak, tapi aku pikir itu cukup emosional.

Ketika kamu bertanya padaku apa yang membuat Coppelion bisa menyedihkan, itu karena kebenaran dibalik kehidupan coppelion dan untuk alasan apa mereka hidup. Kemudian ini lah yang nantinya akan mempengaruhi mereka yang masih hidup di kota yang penuh radiasi itu untuk berusaha keluar dari sana.

Tapi, semua tidak semudah apa yang kamu pikirkan. Tidak semua yang ada di kota itu mau keluar dari sana. Beberapa dari mereka merasa tidak mau meninggalkan kota itu, dan yang lainnya adalah sekelompok orang yang mau memperburuk radiasi di sana sampai keluar kota Tokyo sebagai bentuk balas dendam karena membiarkan mereka berada di sana.

Ozu Kanon dan Ozu Shion

Tidak hanya Ibara, Aoi, dan Taeko, masih ada coppelion yang lain di sana yang mendukung kelompok yang ingin melakukan hal buruk itu. Alasan mereka melakukan itu karena mereka merasa tidak diperlakukan layaknya manusia dan membenci soal kebenaran dibalik coppelion.


Dan hal lain yang aku suka dari Coppelion adalah adanya korban di sana. Mereka sadar kalau anime pasca-apokaliptik tidak akan lebih menarik tanpa adanya korban di dalamnya. Maksudku, akan tidak masuk akal untuk bencana yang masuk ke dalam pasca-apokaliptik semuanya berakhir selamat. Dan, aku suka cara mereka melakukannya. Dimana itu merupakan kecelakaan, hal yang tak bisa dihindari, dan sebuah pilihan yang menurut mereka itu benar.


Bicara apa yang aku suka dari Coppelion. Kini kita akan membicarakan apa yang menjadi kelemahan Coppelion. Kelemahan Coppelion ada pada perkembangan karakter itu sendiri. Di mana Aoi dan Taeko seperti hanya menemani Ibara yang mendapatkan semua hal menarik yang ada di sana. Tapi, ini tidak sepenuhnya seperti itu. Memasuki akhir cerita, mereka melakukannya. Dimana hal yang bisa dikatakan klimaks dari Coppelion malah datang dari Taeko. Dan ini berhasil, setidaknya itulah yang aku pikirkan.

Dan anime ini sepenuhnya berakhir pada musim perdananya ini. Dan ini adalah kelemahan lain dari Coppelion. Aku tidak berpikir itu akhir yang buruk, tidak sama sekali. Aku malah berpikir itu berkesan, dan sedikit menyedihkan.

Tidak ada hal lain yang bisa aku katakan lebih dari ini karena jika aku melakukannya, itu akan berakhir aku memberitahukan hal yang seharusnya tidak boleh kalian ketahui sampai kalian melihatnya sendiri.

Character (6.4/10):
Kurosawa Haruto

Bicara soal karakter, itu tidak benar-benar berkesan. Tidak buruk, tapi tidak ada hal yang benar-benar luar biasa yang datang dari mereka.

Naruse Ibara adalah senior dari Aoi dan Taeko. Dia benar-benar anak yang baik. Dia perduli pada rekan dan orang-orang disekitarnya, namun kebiasaan buruknya adalah dia suka melakukan semuanya sendirian dan merasa bertanggung jawab untuk itu.

Fukasa Aoi adalah yang paling ceria dan melakukan banyak kesalahan. Dan Nomura Taeko dia adalah kebalikan dari Fukasa Aoi, dan mungkin juga Naruse Ibara. Bisa dibilang dia lah yang paling rasional dari mereka.

Pada dasarnya mereka saling melengkapi dan mendukung satu sama lain.

Untuk pengisi suara mereka, itu diperankan dengan cukup baik dan oleh pengisi suara terkenal. Tokoh utama kita, Naruse Ibara diperankan oleh Tomatsu Haruka (Lala Satalin Deviluke, Yuuki Asuna, Morgiana), Fukasaku Aoi oleh Hanazawa Kana (Sengoku Nadeko, Shiina Mayuri, Tsunemori Akane), Nomura Taeko oleh Akesaka Satomi (Dokuro Chrome, Esdeath, Shirokane Rinko). Tentu adapun karakter pendukung lainnya yang diperankan oleh pengisi suara yang tidak kalah baiknya.

Art (7.5/10):

Bicara soal anime yang pernah dikerjakan oleh studio GoHands sebelumnya seperti anime K. Ini berada pada level dibawahnya. Maksudku, kalau kamu pernah melihat anime K, kamu akan tahu seberapa luar biasanya itu, tapi tidak dengan Coppelion.

Kalau kamu pernah nonton Ansatsu Kyoushitsu, maka ini akan mudah. Coppelion memiliki seni dan visual yang hampir mirip dengan Ansatsu Kyoushitsu. Ini tidaklah buruk, namun memang tidak cukup banyak anime populer yang memiliki seni seperti ini.

Aku sendiri menyukainya, dan aku pikir itu berhasil. Dari semua seni yang ada di Coppelion, yang terbaik adalah kondisi kota itu sendiri. Dimana itu seperti menggambarkan kota yang sudah lama ditinggalkan sebenarnya.

Enjoyment (7/10):
Karena admin belum pernah baca komiknya, admin tidak tahu apakah mereka lebih baik dari animenya atau tidak. Tapi, admin tahu kalau komiknya sendiri sudah selesai dan mereka mendapatkan nilai ulasan yang lebih baik dari animenya.

Aku tidak sepenuhnya menikmati ini, tapi itu cukup berhasil menahanku untuk tetap menyaksikannya.

Coppelion seharusnya bisa lebih baik dari ini. Coppelion memiliki apa yang bisa membuat mereka menjadi salah satu anime sains pasca-apokaliptik terbaik kalau saja mereka melakukannya lebih serius.

Apa yang aku pikirkan tentang ini, dan apakah ini layak direkomendasikan atau tidak. Akan kukatakan kalau ini tidak sepenuhnya direkomendasikan, tetapi bisa aku katakan kalau Coppelion adalah salah satu anime Underrated yang layak untuk diikuti.

Dan bagi kamu yang suka anime sains dan pasca-apokaliptik, aku benar-benar merekomendasikan ini. Aku pikir Coppelion memiliki sedikit unsur militer di dalamnya. Dan kalau kamu suka itu, maka ini akan layak untuk kamu ikuti.


This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement