-->

Fakta Rekor Film Spirited Away yang Dipecahkan oleh Kimetsu no Yaiba

author photo Desember 30, 2020

Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) merupakan salah satu film tersukses di Jepang. Film ini pertama kali dirilis pada 2001 dan sampai saat ini masih cukup populer. Film animasi Jepang yang diproduksi oleh Studio Ghibli ini ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki.


Selain menjadi film anime yang paling sukses di Jepang, Spirited Away juga pernah meraih Academy Award untuk Best Animated Feature. Di Berlin International Film Festival, Spirited Away juga mendapatkan penghargaan Golden Bear.

Setelah 19 tahun berada di posisi teratas sebagai film box office di Jepang, posisi Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) digeser oleh Demon Slayer: Mugen Train (Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen) pada hari Sabtu, 26 Desember.

Tapi, ada beberapa fakta rekor film Spirited Away yang harus kalian ketahui mengapa Spirited Away masih menjadi film anime terbaik di Jepang.

Spirited Away Dirilis Pada Tahun 2001


Seperti yang sudah disebutkan di atas, Spirited Away dirilis pada tahun 2001, sedangkan pada tahun itu masih cukup sulit untuk menonton bioskop.

Demon Slayer mungkin juga hebat meskipun saat pandemi masih banyak penontonnya.

Diproduksi Tanpa Naskah


Pada umumnya, sebelum membuat sebuah film, naskah cerita harus disusun. Tujuannya adalah untuk memudahkan produksi film tersebut. Namun, Spirited Away yang disebut-sebut mampu meraup keuntungan hingga 30 miliyar yen ini dibuat tanpa naskah cerita.

Hayao Miyazaki mengatakan bahwa ide cerita film ini berkembang setelah ia mulai menggambar storyboard. Pada saat yang sama produksi pun sudah berjalan. Menurut Miyazaki, bukan dia yang menulis film, tetapi film tersebut menulis dirinya sendiri.

Animasi yang Terbilang Tua


Dibandingkan Demon Slayer, grafis yang dimiliki Spirited Away kalah jauh, tetapi kebanyakan penonton tidak merasa bosan karena ceritanya yang memang seru.

Tidak Adanya Pemutaran IMAX dan 4DX


Film box office sekarang memiliki pemutaran IMAX dan 4DX yang biasanya memiliki biaya tiket yang lebih tinggi dari pemutaran reguler.

Masih Memegang Rekor Penjualan Tiket


Demon Slayer sukses dengan 24.049.907 tiket masuk hanya dalam 73 hari setelah di rilis di Jepang. Meskipun Spirited Away sudah bukan film nomor satu di box office Jepang masih memegang rekor penjualan tiket di 24,28 juta (termasuk rilis ulang), karena biaya yang lebih rendah dari tiket pada 2001/2002, serta tidak memiliki pemutaran IMAX dan 4DX.

Rekor ini kemungkinan besar akan dipecahkan kembali oleh Demon Slayer.

Spirited Away Masih Menjadi Film Anime Kedua Tersukses Didunia


Di tangga film anime top dunia, Demon Slayer (US$313.513.909) masih berada di belakang Spirited Away dan Your Name dengan pendapatan masing-masing US$355.467.056 dan US$358.331.458.

Namun dengan Mugen Train masih akan dibuka di China awal tahun depan dan dijadwalkan untuk Amerika Utara dan negara bagian barat pada awal 2021, tidak ada keraguan bahwa Mugen Train akan menjadi film anime nomor satu sepanjang masa ketika penayangan ini selesai.

Original Film


Jika kita berbicara tentang film (bukan sequel anime TV), tentu Spirited Away masih disebut sebagai film tersukses di box office Jepang.

Pada dasarnya, Demon Slayer adalah adaptasi anime TV dari manga dengan judul yang sama. Movie Mugen Train juga merupakan sequel dari seri tersebut yang dijadikan film.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement