-->

[Review] Boku dake ga Inai Machi (ERASED)

author photo Oktober 02, 2020
Masih bersama saya di rubrik review anime. Anime yang akan kita bahas kali ini adalah adaptasi manga dengan judul yang sama oleh studio A-1 Pictures pada 2016 lalu, judulnya adalah Boku dake ga Inai Machi.


Pernah merasa seperti kamu membuat kesalahan besar dalam hidup dan ingin memperbaikinya? Atau mungkin kamu hanya ingin segala sesuatunya berjalan ke arah yang benar jika diberi kesempatan lagi? Kebanyakan orang tidak akan pernah mendapatkan kesempatan seperti itu. Tapi untuk pria bernama Fujinuma Satoru, itu cerita lain. Kemampuannya adalah memungkinkan dia untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dengan ingatannya. Jadi intinya, pria itu pada dasarnya bisa memperbaiki kesalahan dalam hidupnya pada kesempatan kedua. Tapi dia tidak bisa seenaknya kembali ke masa lalu dan menentukan waktunya. Apa yang dia miliki bukan hanya hadiah tapi juga tanggung jawab. Kemampuan untuk mengulang waktu adalah kekuatan yang luar biasa tetapi juga disertai dengan banyak tanggung jawab karena dalam cerita ini, Satoru bertemu dengan seorang pembunuh yang sangat berpengalaman yang membahayakan dirinya, teman, dan keluarganya.

Berdasarkan manga, Boku dake ga Inai Machi (juga dikenal sebagai Erased) adalah thriller psikologis. Diadaptasi oleh studio A-1 Pictures (Fairy Tail, SAO, Nanatsu no Taizai, Shigatsu wa Kimi no Uso), serial ini menceritakan kehidupan Satoru dan tanggung jawabnya untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi 18 tahun lalu dan mencegah kematian teman sekelasnya sambil melindungi orang-orang yang dia sayangi saat ini. Dari episode pertama, kita melihat bahwa dia adalah pria yang agak sinis yang tampaknya acuh tak acuh pada hal di sekitarnya kecuali jika terjadi sesuatu yang membahayakan nyawanya dan orang lain. Satoru kemudian menghadapi kejadian aneh ketika seorang pria tak dikenal muncul di lingkungannya. Ini rupanya ada kaitannya dengan serangkaian pembunuhan di sekitarnya yang juga termasuk kematian ibunya.

Fujinuma Satoru.

Awalnya, saya berpikir mudah untuk mengatakan apa yang akan terjadi selanjutnya karena Satoru memiliki kemampuan untuk kembali ke masa lalu dan segera mencegah tragedi semacam itu. Bagaimanapun, ternyata orang yang membunuh ibunya sangat berpengalaman sehingga dibutuhkan lebih dari sekedar perjalanan waktu untuk mencegah tragedi semacam itu.

Sekarang harus saya akui, seri ini memiliki premis yang kontradiksi, yaitu paradoks waktu. Gagasan untuk dapat menyaksikan peristiwa yang sama terulang lagi. Ini menyiapkan banyak perencanaan plot untuk Satoru. Dan yang paling mengesankan adalah, untuk mencegah peristiwa mengerikan ini, Satoru di kirim kembali ke masa kanak-kanaknya 18 tahun yang lalu saat dia masih berusia 11 tahun untuk mencegah awal pembunuhan yang dilakukan pelaku kepada teman sekelasnya dan mencegah terjadinya serangkaian pembunuhan yang akan menimpa ibunya di masa depan, yang otomatis semua yang pernah dia lalui selama ini akan berubah nantinya.

Fujinuma Sachiko. Ibu Satoru.

Yang menarik untuk dilihat adalah bagaima Satoru melihat masa lalunya sendiri. Bagaimana hubungan masa lalu yang dia bagi dengannya ibunya sedikit berbeda dari yang kita lihat di masa depan. Intinya, Satoru mulai menyadari betapa bahagianya dia dan berusaha menjalin hubungan yang lebih kuat dengan ibunya.

Hinazuki Kayo.

Mengulangi kejadian di masa lalunya ini, Satoru segera menyadari bahwa pembunuhan itu mungkin terkait dengan penculikan dan pembunuhan salah satu teman sekelasnya, Hinazuki Kayo yang menyendiri dan misterius, yang terjadi ketika dia masih kecil. Satoru kemudian mulai berbicara dengannya yang bahkan sebelumnya dia tidak pernah berbicara sama sekali dengannya. Bagaimanapun, ibu Kayo sangat kontras dengan ibu Satoru. Dia kasar, bermulut kotor, dan memperlakukan putrinya seperti miliknya. Selain itu, perannya dalam cerita tampaknya memengaruhi kepribadian Kayo yang menjadi kosong. Tentu saja, itu berubah ketika Satoru muncul dalam hidupnya.


Salah satu dinamika yang lebih kuat dari serial ini adalah hubungan dan chemistry antara karakter tertentu. Selain Satoru dan ibunya, Satoru dan Kayo dengan mudah memiliki hubungan yang paling menonjol. Yang awal keduanya hanya orang asing, mereka mulai membangun kepercayaan dan hubungan yang erat. Pada awalnya, tidaklah mudah karena siswa lain di kelas juga mengucilkan Kayo. Namun akhirnya, Satoru berhasil mendapat perhatiannya. Ini dicapai dengan melawan para pengganggu,  memperlakukannya dengan baik, dan bahkan menghadapi ibu Kayo sebagai cara menunjukkan perbuatan salahnya. Intinya, ini secara alami memungkinkan Kayo untuk lebih terbuka dan menunjukkan sisi cerianya.

Salah satu hubungan penting Satoru lainnya adalah yang dia bagi dengan teman-temannya, terutama Kenya. Meskipun menjadi karakter pendukung, dia membantu Satoru dan mampu mengatasi situasi tertentu yang dapat membahayakan mereka. Rasa keadilannya yang kuat juga menginspirasi Satoru untuk menghentikan kejahatan yang terjadi terutama untuk menemukan pembunuh licik di masa lalu dan sekarang.


Mudah untuk mengatakan bahwa serial tersebut sangat berpusat pada cerita. Setiap episode semakin berkembang dengan serangkaian peristiwa, narasi deskriptif dari sudut pandang Satoru, dan bagaimana peristiwa penting mempengaruhi satu sama lain. Kemampuan Satoru membuat peluang, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga orang lain. Sayangnya, si pembunuh juga merupakan individu yang sangat licik sehingga bagaimanapun peristiwa yang berusaha diubah oleh Satoru, pembunuh berhasil pada tujuannya.

Motivasi Satoru adalah untuk menyelamatkan orang-orang tertentu tetapi terkadang dia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri. Kelemahannya di sini adalah kita mungkin merasa bahwa Satoru terlalu mengandalkan dirinya sendiri daripada orang lain, setidaknya untuk sebagian besar cerita. Ingat, Satoru hanya memiliki potongan-potongan masa lalu yang dia lihat dengan jelas tetapi tidak selalu dengan solusinya. Ini juga memunculkan karakter Satoru yang menyadari kelemahannya sendiri di saat ia merasa tidak berdaya untuk menghentikan peristiwa tertentu dari waktu ke waktu.

Bicara plot cerita, beberapa elemen cerita terkadang tampak dapat diprediksi, tetapi itu hanya jika kamu benar-benar memperhatikan detailnya. Meski dikenal sebagai misteri yang mendebarkan, tidak sulit untuk memprediksi siapa pembunuhnya. Bukan berarti kamu bisa menebaknya begitu saja atau setidaknya kamu bisa menabaknya sebelum Satoru menyadari siapa pembunuh sebenarnya.

Satoru x Airi.

Di satu sisi hubungan Satoru dan Airi di acara itu kurang terlihat. Meskipun memiliki kesamaan dengan hubungan Satoru dan Kayo, Airi adalah orang yang perhatian dan sudah banyak membantu Satoru sebelum dia kembali ke masa lalu, tapi itu tidak memiliki daya tarik emosional yang cukup.

Dan yang paling mengecewakannya lagi adalah, ketika kita semua diperlihatkan sesuatu yang membuat kita merasa tidak terima dengan semua yang telah terjadi. Bagaimanapun, ini adalah hal yang paling tak terduga dan plot twist yang paling mengecewakan. Karena pada akhirnya, peristiwa yang terjadi dalam cerita tidak selalu seperti yang terlihat.

Visual oleh A-1 Pictures.

Dari segi visual, seri ini memiliki kualitas yang cukup bagus. Bahkan acaranya sendiri menampilkan dirinya seperti film layar lebar. Lihat pada bagian trailer. Selain itu, desain karakter sangat memukau untuk menciptakan mood yang mendebarkan. Suasana pertunjukan disampaikan dengan sangat baik oleh ekspresi karakter untuk menunjukkan kepribadian mereka dari Ibu Satoru yang penyayang, Kayo yang tabah, atau karakter pendukung lainnya.

Soundtracknya adalah dinamika kuat lainnya dari serial ini. Yuki Kajiura (Arslan Senki, Baccano!, Fate/Series) memimpin komposisi seri dan cukup terkenal karena kemampuannya menciptakan suasana yang mendebarkan. Ini dicapai dengan detail halus dari musik yang menakutkan, terutama selama adegan yang menegangkan. Selanjtunya ada lagu tema OP dan ED yang tidak hanya memberi gambaran tetapi juga unsur misteri. Bagian penting lainnya tentang pertunjukan ini adalah suara karakter. Jelas sekali, ada perbedaan tajam dalam nada suara antara diri Satoru saat ini dan masa depan karena perbedaan usia. Namun, pujian harus diberikan kepada Mitshushima Shinnosuke, seorang pendatang baru pada saat itu, dengan kemampuannya untuk memerankan Satoru. Dan saya pribadi sangat menyukai sekali suara Kayo yang diperankan oleh pengisi suara terkenal Yuuki Aoi (Diane Nanatsu no Taiza, Tatsumaki One Punch Man, Konno Yuuki SAO), dimana dia berhasil memerankan dengan sangat baik kepribadian Kayo yang kesepian dan merasa kosong ataupun ketika dia ceria dengan suaranya.


Boku dake ga Inai Machi merupakan serial yang mendebarkan dan berhasil menarik perhatian penonton dan mempertahankan tempat duduk mereka untuk terus menyaksikan acara ini. Selama menonton, awalnya saya selalu ingin melihat bagaimana Satoru berhasil mengungkap pelaku pembunuh, tetapi pada pertengahan cerita, saya menyadari satu-satunya yang paling saya inginkan ternyata adalah melihat senyum Kayo, dan setiap episode semakin berkembang. Dinamika hubungan tetap yang paling menarik perhatian dari serial ini dan dengan mudah menghidupkan cerita. Dan saya sangat menyukai hubungan Satoru dan Kayo, bagaimanapun, semua yang dilakukan Satoru kepada Kayo adalah hal yang paling menarik diri saya untuk tetap menyaksikan acara mereka. Tim produksi telah berusaha keras dan memberikan hasil yang terbaik. Jadi jika kamu bertanya-tanya apakah itu layak untuk ditonton, saya akan memberitahu kamu bahwa itu sangat layak.

Story: 7.9/10

Character: 8.7/10

Art: 8/10

Soundtrack: 7.8/10

Enjoyment: 8.1/10

Overall: 8.1/10

Detail Boku dake ga Inai Machi


Judul: Boku dake ga Inai Machi
Judul Alternatif: ERASED
Tipe: TV
Jumlah Episode: 12
Tanggal Tayang: Jan 8, 2016 to Mar 25, 2016
Musim Rilis: Winter 2016
Producers: Aniplex, Dentsu, Kadokawa Shoten, Fuji TV, DAX Production, Kyoraku Industrial Holdings, Kansai Telecasting, Lawson
Pemberi Lisensi: Aniplex of America
Studio: A-1 Pictures
Sumber: Manga
Genre: Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural
Durasi per Episode: 23 min.
Rating: R - 17+ (violence & profanity)

Anime terkait:
  • Boku dake ga Inai Machi Recaps (Summary)

Soundtrack:
Opening:
#1: "Re:Re:" oleh Asian Kung-Fu Generation
Ending:
#1: "Sore wa Chiisana Hikari no Youna (それは小さな光のような)" oleh Sayuri

Official Website:

Trailer


This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement