-->

Pengertian Vocaloid dan Beberapa Idol Vocaloid

author photo September 11, 2020

Pengertian Vocaloid dan Beberapa Idol Vocaloid - Vocaloid memang bukan barang baru di industri musik. Sudah berkembang di beberapa negara sejak awal 2000-an, Vocaloid diandalkan oleh para kreator musik untuk karyanya. Vocaloid sendiri berasal dari kata "Vocal" dan "Android", Vocaloid adalah perangkat lunak berupa hologram 3-D yang dapat menghasilkan sampel suara manusia yang diciptakan oleh Yamaha Corporation dan dirilis pertama kali pada 2003.

Suara yang dimasukkan sesuai dengan lagu yang dibawakan oleh manusia dalam bentuk rekaman. Hanya dengan memasukkan suara ke dalam perangkat, Vocaloid dapat menghasilkan suara yang sama persis dengan penyanyi aslinya.

Kehadiran Vocaloid pun mendapat respon positif di kalangan masyarakat terutama di kalangan Otaku dan Wibu. Bukan sekedar perangkat lunak, Vocaloid jadi populer juga karena punya persona humanoid (penampilan dan kepribadian) dari setiap produknya. Persona-persona ini ditampilkan lewat hologram di setiap konser Vocaloid. Misalnya ketika Hatsune Miku Expo yang pernah digelar di Indonesia pada 2014 lalu. Euforia Vocaloid pun ikut dirasakan oleh para ilustrator dan animator. Lewat program MikuMikuDance (MMD), mereka bisa bikin para karakter Vocaloid bergerak layaknya dalam film animasi 3-D.

Perkembangan pesat Vocaloid dan faktor kesuksesan mereka pun akhirnya memunculkan karakter-karakter baru yang unik dan menarik di setiap produknya. Produk-produk ini dibagi ke dalam generasi dan terus seperti itu ke depannya. Kepopuleran Vocaloid menyebabkan beberapa di antaranya menjadi Idol terkenal di dunia. Dan berikut ini beberapa Idol Vocaloid terkenal di dunia.

1.Hatsune Miku



Bukan tanpa alasan Hatsune Miku jadi yang pertama kali saya sebut. Nama yang satu ini memang paling sering terbayang kalau kita ngomongin Vocaloid. Miku jadi karakter yang paling gampang dicintai bahkan oleh kalian yang baru pertama kali dengar kata Vocaloid. Namanya sendiri memiliki arti harfiah "suara pertama dari masa depan". Ini mewakili posisinya sebagai produk pertama "Character Vocal Series" yang dikembangkan sekaligus dirilis oleh Crypton Future Media meski bukan dia produk pertama yang dijual perusahaan tersebut.

Dirilis pada 31 Agustus 2007 sebagai Vocaloid generasi 2, Miku digambarkan sebagai gadis berumur 16 tahun serta punya tinggi badan 158 sentimeter dan berat 42 kilogram. Tampilannya yang paling khas adalah rambut panjang berwarna biru toska yang dikuncir dua. Suaranya sendiri merupakan sampel dari seorang seiyuu bernama Saki Fujita. Karena karakternya populer, perangkat Miku selalu dikembangkan hingga saat ini.

Hatsune Miku terbukti menjadi Idol Vocaloid yang paling terkenal di dunia, yang sering tampil pada beberapa panggung konser di dunia termasuk di Indonesia, layaknya penyanyi sungguhan.

2.Megurine Luka



Megurine Luka merupakan produk ketiga "Character Vocal Series" Crypton dan bermakna "suara yang mengalir ke seluruh dunia". Awalnya, Luka disiapkan menjadi karakter yang pertama kali dirilis dengan nama Hatsune Miku. Luka didesain bisa bernyanyi bahasa Inggris dan Jepang. Sayangnya, Luka harus "mengalah" hingga dua tahun demi pengembangan karakter yang sekarang kita kenal sebagai Hatsune Miku.

Akhirnya, Luka dirilis pada 30 Januari 2009. Meski dirilis setelah Miku, karakter Luka digambarkan lebih dewasa dari Miku, yaitu 20 tahun, dengan berat badan 45 kilogram dan tinggi 162 sentimeter. Suaranya sendiri diambil dari seiyuu sekaligus penyanyi bernama Yuu Asakawa.

3.Kagamine Rin & Len



Vocaloid kali ini digambarkan sebagai saudara kembar bernama Kagamine Rin & Len. Meskipun dua orang, sampel suara mereka berasal dari satu orang, yaitu aktris sekaligus seiyuu dan penyanyi bernama Asami Shimoda. Nama Kagamine bermakna "suara yang sama", sedangkan nama depan mereka merujuk pada konsep kanan (Rin) dan kiri (Len). Jadi, keduanya memang diciptakan untuk saling melengkapi. Rin, karakter cewek, diciptakan terlebih dulu. Lalu, Len menyusul sebagai adik laki-laki kembaran Rin.

Dengan persona karakter berambut kuning berusia 14 tahun, Rin dan Len juga dikembangkan oleh perusahaan yang sama Crypton sebagai karakter kedua "Character Vocal Series". Keduanya dirilis pada 27 Desember 2007. Awalnya, banyak yang nyangka mereka sebenarnya berpacaran. Namun, pihak studio menyangkal dan menyebut bahwa keduanya merupakan saudara kembar.

Itulah beberapa Idol Vocaloid yang mendunia. Selain mereka bertiga, Vocaloid juga dibuat oleh perusahaan-perusahaan lain yang ada di dunia, tidak hanya di Jepang. Setiap produk Vocaloid memiliki gayanya masing-masing dan yang pastinya juga tidak kalah menarik dengan mereka bertiga yang disebutkan.

Referensi: 1, 2, 3, 4, 5

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement