-->

Apa itu Seiyuu, Peran Penting Dibalik Kesuksesan Anime

author photo September 17, 2020

Apa itu Seiyuu? Istilah kata Seiyuu memang jarang didengar oleh umum apalagi mereka yang tidak suka nonton anime. Berbeda dengan orang-orang yang sering menonton anime, kata Seiyuu tentu sudah tidak asing lagi di telinga mereka.

Biasanya, penggemar anime selain menyukai alur ceritanya, mereka juga menyukai karakter di dalamnya yang menurutnya keren atau karismatik. Tapi, ada juga yang menyukai karakter karena senang dengan suaranya, nah pengisi suara yang mengisi suara karakter-karakter di dalam anime itu disebut dengan Seiyuu.

Seiyū (声優), seiyu atau seiyuu adalah sebutan untuk seorang pengisi suara di Jepang, kalau dalam bahasa Inggris itu disebut Voice Actor atau Character Voice. Kalau di Indonesia itu berarti pengisi suara. Contohnya karakter Naruto yang diisi suara oleh seiyuu bernama Takeuchi Junko, dan Hana Bahagiana sebagai pengisi suara bahasa Indonesia-nya.

Untuk kasus Hana Bahagiana, dia tidak bisa dikatakan sebagai seiyuu melainkan Dubbing atau dalam bahasa Indonesia berarti Dubber, yang artinya penyulihan suara dimana bahasa digantikan (language replacement), menggantikan bahasa asli ke dalam bahasa yang lain.

Pada dasarnya, dubbing dan seiyuu sama-sama berperan sebagai pengisi suara karakter. Jika kalian ingin mengambil contoh pengisi suara Indonesia yang lainnya, maka saya akan ambil contoh, misalkan Ian Syahbani selaku pengisi suara karakter Musa dari animasi Battle of Surabaya, yang kita sama-sama tahu bahwa animasi Battle of Surabaya ini merupakan animasi asli buatan Indonesia. Secara langsung Ian mengisi suara untuk Musa dalam bahasa Indonesia bukan menggantikan bahasa asing ke bahasa Indonesia. Bisa dibilang Ian ini seiyuunya Indonesia, tapi tetap disebutnya pengisi suara dalam bahasa Indonesia.

Sekarang kita kembali ke topik tentang seiyuu, dan berikut ini beberapa Seiyuu terkenal di Jepang.

1.Hanazawa Kana



Tachibana Kanade (Angel Beats!), Kanroji Mitsuri (Kimetsu no Yaiba), Nakano Ichika (5-toubun no Hanayome), dan Onodera Kosaki (Nisekoi).

2.Okamoto Nobuhiko



Akabane Karma (Ansatsu Kyoushitsu), Okumura Rin (Ao no Exorcist), Bakugou Katsuki (Boku no Hero Academia), dan Nishinoya Yuu (Haikyuu!!).

3.Ishikawa Kaito



Iida Tenya (Boku no Hero Academia), Kageyama Tobio (Haikyuu!!), Genos (One Punch Man), dan  Urie Kuki (Tokyo Ghoul).

4.Sakura Ayane



Tomori Nao (Charlotte), Uraraka Ochako (Boku no Hero Academia), Hina (Kamisama ni Natta Hi), dan Nakano Yotsuba (5-toubun no Hanayome).

5.Amamiya Sora



Akame (Akame ga Kill!), Aqua (Konosuba), Liones Elizabeth (Nanatsu no Taiza), Isla (Plastic Memories), dan Kirishima Touka (Tokyo Ghoul).

Referensi: 1, 2

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement