-->

10 Rekomendasi Anime yang Mengisahkan Kehidupan NEET dan Hikikomori

author photo September 06, 2020

10 Rekomendasi Anime NEET dan Hikikomori Terbaik - Apa itu NEET? NEET adalah singkatan dari (Not Employment, Education, or Training) atau bisa disebut seorang pengangguran. NEET biasanya identik dengan Hikikomori, seseorang yang mengurung diri di dalam kamarnya dan anti-sosial. Tapi, tidak semua NEET itu Hikikomori.

Berbicara tentang kedua fenomena sosial ini, berikut adalah 10 anime yang menceritakan kehidupan NEET dan Hikikomori.

10.Btooom!



Sakamoto Ryota merupakan seorang pemuda pengangguran, yang kerjanya hanya bermain game BTOOOM sehingga menjadi yang terbaik se-Jepang. Hingga suatu hari tiba-tiba dia berada di sebuah pulau tak berpenghuni dan dalam situasi yang sama persis seperti game yang dia mainkan. Kini dia harus bermain game BTOOOM dalam kehidupan nyata dan berusaha untuk terus survive.

9.Kamisama no Memochou



Menceritakan tentang gadis NEET bernama Alice yang memiliki kemampuan meretas sangat hebat. Dia menjalankan agen detektif NEET, dimana semua rekan-rekannya adalah seorang NEET. Mereka mencoba melacak sindikat kejahatan yang tampaknya misterius, hingga berusuran dengan mafia dan penjahat kriminal lainnya.

8.Osomatsu-san



Osomatsu-san ini hanyalah sebuah anime komedi parodi yang mengisahkan tentang rumah tangga Matsuno yang memiliki enam anak laki-laki kembar yang sukanya hanya bermalas-malasan. Mereka sama sekali tidak memiliki motivasi untuk mendapatkan pekerjaan dan memilih untuk hidup sebagai NEET. Aktivitas sehari-hari mereka tidak pernah membosankan karena mereka melakukan segala macam kegiatan yang aneh.

7.Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui! (Watamote)



Menceritakan kehidupan gadis Hikikomori bernama Kuroki Tomoko yang setiap harinya menghabiskan waktunya dengan bermain game simulai kehidupan SMA dan berkencan dengan lebih dari 100 anak laki-laki virtual. Dia yakin bahwa dia siap menaklukkan tahun pertamanya di SMA. Pada kenyataannya, meski pengalamannya berkencan dengan anak laki-laki di game simulasi tak diragukan lagi tapi dia tetap tidak bisa mengubah fakta bahwa dia adalah gadis yang tertutup dan canggung, dan dia tidak menyadarinya. Kuruki Tomoko benar-benar tidak bisa diharapkan lagi, bahkan adik laki-lakinya sendiri menghindarinya. Satu-satunya teman yang dia miliki adalah Naruse Yuu, teman SMP-nya dulu yang menganggap dirinya lebih menyedihkan dari padanya sehingga dia merasa bersyukur.

6.Ryuugajou Nanana no Maizoukin



Mengikuti kisah Yama Juugo yang diusir ayahnya sendiri dan pindah ke pulau Nanae, pulau buatan yang menampung segala sesuatu yang diperlukan untuk pendidikan dan pelatihan bagi para kaum muda untuk mengejar impian mereka. Juugo kemudian tinggal di kamar 202 yang ternyata ada arwah gentayangan bernama Ryuugajou Nanana, salah satu pendiri pulau Nanae yang terbunuh sekitar 10 tahun yang lalu, akibat dari benda-benda keramat yang disebut Nanana Collection. Ryuugajou Nanana adalah arwah gentayangan yang tidak mau keluar dari kamarnya dan selalu minta dibelikan makanan oleh penghuni kamar 202, yang saat ini berarti dihuni oleh Juugo. Berharap untuk menemukan pelaku di balik kematiannya, Juugo memutuskan ikut andil dalam persaingan mengumpulkan Nanana Collection yang tersembunyi di berbagai tempat di pulau Nanae.

5.Mekakucity Actors



Menceritakan seorang NEET dan Hikikomori bernama Kisaraga Shintaro bersama partnernya gadis cyber Ene yang tinggal di komputernya. Pada musim panas 14 Agustsus, Kisaragi Shintaro terpaksa meninggalkan kamarnya untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Menempatkan dirinya terjebak dalam situasi penyandaraan yang mengerikan. Untungnya, sekolompok remaja dengan kekuatan misterius, yang menyebut diri mereka "Mekakushi Dan", membantu Shintarou dalam menyelesaikan situasi tersebut. Akibatnya, ia terpaksa bergabung dengan kelompok mereka. Kemampuan mereka tampak seperti potongan teka-teki, menghubungkan satu sama lain, dan saat masa lalu masing-masing anggota terungkap, rahasia yang mengikat mereka perlahan-lahan mulai terungkap.

4.Net-juu no Susume



Morioka Moriko adalah gadis berusia 30 tahun, lajang, dan seorang NEET. Dia telah benar-benar keluar dari dunia nyata dan memilih bermain game online untuk menghabiskan waktu luangnya, memulai hidup baru sebagai seorang pria tampan dan gagah bernama "Hayashi" di MMO Fruits de Mer. Di mana dia segera bertemu dengan karakter menggemaskan bernama Lily. Berteman hampir seketika, keduanya menjadi tak terpisahkan seperti Moriko sendiri yang semakin asyik dengan kehidupan barunya sebagai Hayashi. Sementara itu, dia akhirnya mengalami pertemuan mengejutkan di dunia nyata dengan seorang pekerja perusahaan berusia 28 tahun bernama Sakurai Yuuta yang juga bermain game MMO Fruits de Mer. Setelah bertemu dengannya, dunia nyata mulai berubah dan mulai mempengaruhi dunia online-nya juga.

3.Higashi no Eden



Pada tanggal 22 November 2010, Jepang dilanda serangan rudal, sebuah tindakan teroris yang untungnya tidak merugikan siapa pun, yang dikenal sebagai "Careless Monday". Segera dilupakan, masyarakat melanjutkan hidup mereka seperti biasa. Beberapa waktu kemudian, Morimi Saki memutuskan untuk mengunjungi Washington, dalam perjalanan kelulusannya ke Amerika, tetapi hari itu dimulailah serangkaian kejadian aneh ketika dia menemukan dirinya diselamatkan oleh Takizawa Akira. Dia telanjang bulat dan menderita amnesia, percaya bahwa dirinya adalah teroris. Selain itu, ia memiliki ponsel aneh dengan uang tunai 8,2 miliyar yen. Terlepas dari sifat Akira yang mencurigakan, Saki dengan cepat berteman dengannya. Namun, tanpa sepengetahuannya, ini adalah awal dari game kematian mendebarkan yang melibatkan uang, ponsel, dan penyelamatan dunia terkait dengan rudal Careless Monday. Apakah Saki baru saja membuat kesalahan besar, dan dapatkah Akira mengembalikan ingatan yang mengungkapkan kemunginan hubungannya dengan peristiwa bulan lalu sebelum mereka berdua kehilangan segalanya.

2.Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana)



Fokus cerita berpusat pada Yadomi Jinta, seorang NEET dan Hikikomori yang memilih berhenti untuk berangkat ke sekolah dan menghabiskan seluruh waktunya untuk bermain video game. Sampai suatu hari dia didatangi oleh Menma (Honma Meiko), teman masa kecilnya yang sudah meninggal bertahun-tahun yang lalu. Kedatangan Menma akhirnya menjadi pemicu Jinta untuk mengumpulkan kembali semua teman-temannya ketika dia kecil dulu untuk mengabulkan permintaan Menma.

1.NHK ni Youkoso! (Welcome to the NHK)



Menceritakan tentang pemuda NEET dan Hikikomori bernama Tatsuhiro Sato. Dia menganggap ada sebuah organisasi yang menyebabkan dirinya menjadi Hikikomori, yaitu NHK alias Nihon Hikikomori Kyoukai. Namun setelah beberapa lama, dia pun bertemu dengan seorang gadis bernama Misaki Nakahara, yang membantunya untuk sembuh dari kondisinya tersebut.

Fenomena NEET dan Hikikomori tampaknya sudah sangat memprihatinkan di Jepang, dan di Indonesia sendiri akhir-akhir ini mulai banyak sekali dan merambah. Fenomena yang rentan terjadi di masa remaja ini harus sama-sama di waspadai, terutama Otaku dan Wibu yang rentan sekali terkena gejala NEET dan Hikikomori.

Itulah daftar anime fenomena NEET dan Hikikomori yang bisa kalian tonton. Semoga kalian suka dan puas.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement