-->

Mengenal Waktu Musim Anime di Jepang (Spring, Summer, Fall & Winter)

author photo Maret 21, 2020

Mengenal Waktu Musim Anime di Jepang (Spring, Summer, Fall, dan Winter) - Kalian yang sedang membaca artikel ini pasti habis mendengar kalimat kurang lebih seperti ini, "Rekomendasi anime musim ini dong" atau "Anime yang bakal keluar musim nanti apa aja dah" dan "Anime ini akan tayang pada musim Fall 2020 misalnya".

Jika tebakan saya benar, kalian saat ini pasti sedang bertanya-tanya apa maksud sebenarnya tentang musim anime ini, benar kan?

Sebenarnya ini hanya masalah pembagian waktu kapan anime itu pertama kali ditayangkan. Di Jepang sendiri, dalam waktu satu tahun memiliki empat musim, yaitu Spring, Summer, Fall, dan Winter (musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin).

Di Indonesia sendiri hanya ada dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Musim panas di Indonesia terjadi antara bulan Maret-September dan musim hujan terjadi antara bulan Oktober-Februari.

Nah, untuk pembagian waktu musim di Jepang akan saya jelaskan di bawah ini.

Spring




Musim semi di Jepang terjadi antara akhir bulan Maret sampai awal Juni.

Musim semi adalah musim yang nyaman untuk beraktivitas karena suhu dingin mulai berkurang dan udara perlahan menjadi hangat. Meskipun angin kencang sering kali bertiup, musim semi merupakan masa terbaik berwisata.

Yang paling dinantikan di musim ini tentu saja adalah bunga sakura. Kegiatan Ohanami (menikmati pemandangan bunga sakura) diselenggarakan di titik lokasi bunga sakura di setiap daerah.

Summer




Musim panas di Jepang terjadi mulai dari akhir bulan Juni sampai pertengahan Agustus.

Yang paling dinantikan saat musim panas di Jepang adalah Natsumatsuri (festival musim panas) dan kembang api. Pada bulan Juli sampai Agustus, tiap daerah di Jepang menyelenggarakan festival musim panas. Dalam festival tersebut, orang-orang berpawai sambil memanggul Omikoshi (kendaraan berupa tandu megah yang dipercaya dinaiki roh). Sementara di tepi sungai atau tepi pantai, diselenggarakan pertunjukan kembang api.

Fall




Musim gugur di Jepang terjadi antara akhir bulan Agustus-November.

Musim gugur adalah musim yang nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan. Sama seperti musim semi yang populer dengan bunga sakura, musim gugur juga populer dengan pemandangan dedaunan pohon yang berubah warna menjadi kuning kemerahan. Karena itu, lokasi untuk melihat pemandangan tersebut seperti Kyoto, Nara, Nikko, dan lainnya ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan yang ingin menikmati suasana perubahan warna dedauanan. Saat memasuki bulan November, dedauanan yang indah tersebut pun mulai berjatuhan yang menandakan musim gugur segera berakhir dan musim dingin akan segera datang.

Winter




Musim dingin di Jepang terjadi pada bulan Desember sampai pertengahan bulan Maret.

Memasuki bulan Desember, suhu udara semakin dingin dan kamu bisa merasakan dinginnya udara. Tidak jarang suhu di bawah titik beku terjadi pada bulan Januari sampai awal Maret.

Di akhir bulan desember, orang-orang di Jepang biasa mengunjungi kuil untuk berdoa dan merayakan tahun baru, tidak jarang juga ada kembang api di saat seperti ini.

Itulah pembagian waktu musim di Jepang. Jadi, jika suatu anime ditayangkan pada musim tertentu, misalnya anime Tower of God ditayangkan pertama kali pada 2 April 2020, berarti anime Tower of God termasuk anime Spring 2020, atau anime Re:Zero Season ke-2 yang ditayangkan pada 8 Juli 2020 berarti termasuk anime Summer 2020.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement