-->

[Review] Naruto (2002)

author photo April 03, 2020
Selamat datang dalam rubrik Review Anime Sekai Indonesia. Ini adalah artikel review pertama yang saya tulis dan terbitkan di AnimeSekai.my.id. Saya memilih Naruto karena Naruto adalah anime favorit saya yang kemudian membuat saya tertarik dengan anime Jepang.

Tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mereview film atau serial anime Naruto. Tapi sebelum itu, saya ingatkan bahwa artikel ini mengandung SPOILER yang tidak bisa saya hindari untuk mengulas secara lebih dalam lagi tentang anime ini.

Asal muasal anime Naruto oleh Masashi Kishimoto


Gambar: MyAnimeList.net

Naruto adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke-43 majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh TV Tokyo pada 3 Oktober 2002 sampai 8 Februari 2007. Seri pertama terdiri dari atas 9 musim dan berlangsung 220 episode.

Di Indonesia sendiri, Naruto pernah ditayangkan oleh beberapa stasiun televisi. Bahkan sampai sekarang ini, film Naruto di Indonesia masih sering di tayangkan kembali. Alasan tersebut tak terlepas dari besarnya minat Naruto di Indonesia, tidak hanya anak-anak dan remaja, bahkan orang tua di Indonesia pun tahu anime yang satu ini. "Apapun anime yang kalian tonton, orang tua kalian pasti akan bilang itu Naruto".

Okay kita langsung masuk ke intinya, Naruto adalah seorang ninja yang bercita-cita menjadi seorang Hokage!



Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Uzumaki Naruto, seorang ninja dari desa Konoha yang punya cita-cita menjadi Hokage atau pemimpin desanya. Tapi cita-cita itu tidak akan mudah untuk digapai karena Naruto mempunyai monster dalam dirinya yaitu Kyuubi (Rubah ekor Sembilan) yang membuat seisi desa menjauhinya. Karena rasa kesepian itulah yang membuat Naruto ingin menjadi Hokage agar bisa diakui oleh semua orang.

Untuk menjadi seorang Hokage terhebat yang pernah ada, jalan yang harus ditempuh Naruto masih sangat panjang. Dia harus berlatih lebih keras dibandingkan yang lainnya. Bertemu dengan orang-orang dan musuh yang jauh lebih kuat darinya, yang membuatnya berkembang pesat sebagai rival maupun lawan yang dihadapi.

Cerita Naruto sendiri cukup sedih, bagaimana tidak, hidup tanpa mengenal siapa kedua orang tuanya, ditambah ada monster di dalam tubuhnya yang membuatnya dijauhi oleh semua orang yang ada di desanya. Naruto diperlakukan layaknya monster itu sendiri, tidak ada satu pun orang yang benar-benar memperhatikan dan mengakuinya.

Dari total 220 episode, ada begitu banyak episode yang menguras air mata. Bahkan, di awal cerita saja sudah bisa membuat sebagian besar penontonnya menangis, termasuk mimin. Di mana untuk pertama kalinya ada orang yang mengakui keberadaan Naruto.

Selain perjuangan dan sikap pantang menyerah, anime ini juga mengajarkan banyak arti sebuah ikatan, baik itu pertemanan, persahabatan, kekeluargaan, bahkan ikatan yang tak terduga lainnya.

Tidak seperti Ninja yang kita bayangkan!



Jika kita berbicara tentang seorang Ninja, mungkin yang terfikirkan dalam benak kita adalah seseorang yang menggunakan pakaian serba hitam yang bergerak secara sembunyi-sembunyi dalam bayangan. Namun, semua pemikiran itu secara langsung lenyap setelah kamu menonton anime Naruto di mana Ninja diperlihatkan tidak seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Ninja dalam serial anime ini lebih dari apa yang pernah kita bayangkan mulai dari penampilan dan juga jurus yang mereka miliki.

Bicara tentang jurus yang ada di serial anime Naruto, mereka mengambil konsep yang disebut sebagai Chakra semacam aura/energi kehidupan. Jurus atau kemampuan yang mereka miliki berfokus pada elemen kehidupan yaitu, api, air, tanah, angin, dan petir yang dibuat lebih menarik lagi dengan ciri khas dari masing-masing karakter yang menguasainya yang disebut Ninjutsu. Selain itu, terdapat kekuatan lainnya yang ditambahkan seperti elemen cahaya dan kegelapan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya mengandalkan kemampuan Ninjutsu tapi kemampuan bertarung tangan kosong atau yang disebut sebagai Taijutsu juga sangat mengesankan dalam anime ini. Jadi, selain pertarungan menggunakan Ninjutsu, mereka juga menampilkan pertarungan fisik berupa bela diri.

Jalan cerita yang dikemas sangat baik dan menjanjikan



Untuk alur ceritanya sendiri terbilang sangat menjanjikan. Plot maju dengan sangat baik dan sesekali mundur untuk membahas latar belakang masing-masing karakter di dalamnya. Selama cerita, Naruto bertemu dengan orang-orang baru dengan karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, ia juga dihadapi dengan berbagai rintangan yang jauh lebih sulit lagi dari yang pernah dia bayangkan.

Sejauh dimulainya Arc Naruto dari Prologue sampai Arc Misi Pengejaran Sasuke (kurang lebih sampai episode 135), cerita Naruto benar-benar sangat menjanjikan, seru, dan sangat dinantikan. Terlepas dari arc pengejaran Sasuke yang paling banyak mendapat respon positif dari penonton, arc hancurkan Konoha juga merupakan salah satu arc terbaik yang pernah ada di anime Naruto. Tentu saja, semua arc di anime Naruto penuh pertarungan epic, perjuangan, dan momen-momen mengharukan.

Namun, setelah episode 135 ke atas saya merasa cerita Naruto sedikit agak berkurang, tidak semenarik arc-arc sebelumnya. Tapi, saya bisa maklumi itu karena hampir semua klimaks sudah diperlihatkan di episode 1-135. So, secara keselurahan ceritanya sangat menarik untuk dinantikan.

Tokoh utama yang benar-benar pantas dijuluki sebagai "Zero to Hero"



Salah satu kelebihan cerita Naruto yang saya suka adalah bagaimana perkembangan Naruto dari yang lemah menjadi kuat atau "Zero to Hero". Bertambah kuatnya Naruto itu step by step, mulai dari latihan fisik, pengontrolan chakra, ninjutsu, semuanya dilatih dan dijelaskan secara bertahap dan sangat baik. Maksudnya, tidak seperti kebanyakan karakter utama dari anime lain yang tiba-tiba bertambah kuat tanpa latihan atau ketidakjelasan yang masuk akal. Berbeda dengan Naruto, ia banyak menghabiskan waktunya untuk latihan, dan poin plusnya adalah semua latihan yang dilakukan Naruto semuanya masuk akal setidaknya dapat diterima dengan baik oleh penontonnya yang juga didampingi dengan penjelasan-penjelasan mengapa hal tersebut bisa seperti ini atau bagaimana itu bisa terjadi dan bagaimana cara kerjanya, semuanya dapat dipahami.

Yang saya suka lainnya dari anime Naruto adalah ketika bertemu dengan lawan yang jauh lebih kuat darinya (Naruto), tidak ada yang namanya kemenangan yang dipaksakan atau mengandalkan tekad dan semangat saja. Mulai dari Haku, faktanya Naruto tidak benar-benar dapat mengalahkannya sampai akhirnya Naruto jatuh kedalam emosi dan ditelan oleh chakra monster rubah ekor sembilan (itupun ia gagal membunuhnya). Padahal Haku saja saat itu tidak serius ingin membunuhnya. Lalu ada Sasuke saat ingin meninggalkan desa konoha, di mana pertarungan tersebut dimenangkan olehnya dan bukan Naruto. Dan masih banyak lagi lawan yang sulit dihadapi Naruto sehingga dia membutuhkan bantuan orang lain atau pun kekuatan monster rubah ekor sembilan. Tapi, bukan berarti Naruto tidak bisa mengalahkan musuhnya dengan kekuatannya sendiri. Ada juga musuh yang dikalahin Naruto dengan kekuatannya sendiri.

Mungkin ada juga yang menganggap Naruto itu cuma bisa menang karena ceramahnya saja. Jika kalian berpikir seperti itu, kalian salah besar. Jika kalian teliti, Naruto baru akan menceramahi musuhnya setelah ia jelas-jelas sudah berhasil mengalahkannya dalam sebuah pertempuran. Tidak ada musuh yang benar-benar ia sadarkan sebelum ia mengalahkannya dalam sebuah pertempuran.

Musik yang menenangkan dan menggetarkan


Salah satu nilai tambah yang dimiliki anime Naruto selain jalan ceritanya adalah Musik/BGM. Dari total 220 episode, terdapat 9 lagu pembuka dan 15 lagu penutup. Lagu didominasi dengan genre Rock-Pop. Selain soundtrack, ada pun Background Music/BGM yang sangat menyentuh terutama pada momen-momen sedih yang memungkinkan kamu terbawa suasana. Entah kenapa kalau denger lagu-lagu Naruto itu suka bikin tambah semangat.

Story: 8/10

Characters: 8/10

Animation: 8/10

Sound: 8/10

Enjoyment: 8/10

Overall: 8/10

Detail Naruto


Judul: Naruto
Judul Alternatif: ナルト
Tipe: TV
Episode: 220
Tanggal Tayang: Oct 3, 2002 to Feb 8, 2007
Musim Rilis: Fall 2002
Producers: TV Tokyo, Aniplex, Shueisha
Pemberi Lisensi: Viz Media
Studio: Studio Pierrot
Sumber: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Martial Arts, Shounen
Durasi per Episode: 23 min.
Rating: PG-13 - Teens 13 or older

Anime terkait:
  • Naruto: Akaki Yotsuba no Clover o Sagase (OVA) (May 24, 2003 - side story)
  • Naruto: Takigakure no Shitou - Ore ga Eiyuu Dattebayo! (Special) (Dec 20, 2003 - side story)
  • Naruro Movie 1: Dai Katsugeki!! Yuki Hime Shinobu Houjou Dattebayo! (Aug 21, 2004 - side story)
  • Naruto: Dai Katsugeki!! Yuki Hime Shinobu Houjou Dattebayo! (Special) - Konoha no Sato no Dai Undoukai (Aug 21, 2004 - side story)
  • Naruto Movie 2: Dai Gekitotsu! Maboroshi no Chiteiiseki Dattebayo! (Aug 6, 2005 - side story)
  • Naruto Narutimate Hero 3: Tsuini Gekitotsu! Jounin vs. Genin!! Musabetsu Dairansen Taikai Kaisai!! (Dec 22, 2005 - side story)
  • Naruto Movie 3: Dai Koufun! Mikazuki Jima no Animaru Panikku Dattebayo! (Aug 5, 2006 - side story)
  • Naruto: The Cross Roads (Special) (Oct 12, 2009 - side story)
  • Naruto: Shippuuden (15 Feb, 2007 - sequel)

Soundtrack:
Lagu Pembuka:
#01: "ROCKS" oleh Hound Dog (Episode 1-25)
#02: "Haruka Kanata" oleh Asia Kung-fu Generation (Episode 26-53)
#03: "Kanashimi wo Yasashisa ni" oleh little by little (Episode 54-77)
#04: "GO!!!" oleh FLOW (Episode 78-103)
#05: "Seishun Kyosokyoku" oleh Sambomaster (Episode 104-128)
#06: "No Boy, No Cry" oleh Stance Punks (Episode 129-153)
#07: "Namikaze Satellite" oleh Snowkel (Episode 154-178)
#08: "Re:member" oleh FLOW (Episode 179-202)
#09: "YURA YURA" oleh Hearts Grow (203-220)
Lagu Penutup:
#01: "Wind" oleh Akeboshi (Episode 1-25)
#02: "Harmonia" oleh Rythem (Episode 26-51)
#03: "Viva Rock ~Japanese Side~" oleh Orange Range (Episode 52-64)
#04: "ALIVE" oleh Raiko (Episode 65-77)
#05: "Ima made Nando mo" oleh the Mass Missile (78-89)
#06: "Ryusei" oleh Tia (Episode 90-103)
#07: "Mountain A Go Go Too" oleh Captain Straydum (Episode 104-115)
#08: "Hajimete Kimi to Shabetta" oleh GagagaSP (Episode 116-128)
#09: "Nakushita Kotoba" oleh No Regret Life (Episode 129-141)
#10: "Speed" oleh Analogfish (Episode 142-153)
#11: "Soba ni Iru Kara" oleh Amadori (Episode 154-165)
#12: "Parade" oleh CHABA (Episode 166-178)
#13: "Yellow Moon" oleh Akeboshi (Episode 179-191)
#14: "Pinocchio" oleh Ore Ska Band (Episode 192-202)
#15: "Scenario" oleh SABOTEN (Episode 203-220)

Official Website Naruto:
NARUTO-ナルト-どっとこむ (Japanese)
NARUTO-ナルト- @_TV_Tokyo (Japanese)
VIZ Media

Trailer Naruto


This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement