-->

10 Rekomendasi Anime Bertema Pekerjaan

author photo Agustus 13, 2020

10 Anime Bertema Pekerjaan - Genre Slice of Life atau yang bisa dikatakan drama kehidupan, adalah sebuah tema yang menceritakan tentang banyak hal. Slice of Life tak terlepas tentunya dari genre lain, misalnya Romance, Comedy, Drama, dan bahkan School. Dan ada juga memuat cerita tentang pekerjaan.

Anime ini menampilkan kehidupan sehari-hari seorang karyawan, baik sebagai pramusaji, pegawai kantoran, dll.

Menceritakan tentang tugas sehari-hari atau hal-hal kecil yang dilakukan karakter untuk menghabiskan waktunya di tempat pekerjaan.

Anime apa sajakah yang mengisahkan tentang kehidupan seseorang ketika harus bekerja dengan pekerjaannya? Yuk simak aja langsung berikut ini!

10.Fune wo Amu



Mulai dari anime tentang pekerjaan pertama dari sebuah seri berjudul Fune wo Amu. Dimana anime ini menceritakan tentang Majime Matsuya yang mendapatkan pekerjaan baru untuk menjadi tim pembuat kamus Jepang.

Anime ini memberikan wawasan tentang bagaimana sebuah redaksi pembuatan kamus.

Bercerita tentang seorang pria yang hidup melalui buku dan belajar bagaimana terhubung dengan orang-orang sambil menyusun kamus. Majime tidak memiliki hubungan berarti antar sesama karena sulit menemukan obrolan dan kata-kata. Namun membuat buku yang berisi banyak kata mampu membuatnya mengeluarkan perasaannya dan menemukan teman bahkan ketertarikan pada seorang wanita. Melalui pekerjaannya, Majime menciptakan kehidupan yang memuaskan bagi dirinya.

Majime Matsuya yang awalnya bekerja di penerbit Genbu Shobo pada Dapartemen Penjualan baru saja dipindahkan ke Dapartemen Editorial Kamus atas permintaan Araki Kouhei, seorang editor veteran yang ingin segera pensiun. Bersama dengan rekan-rekan timnya, ia mendapatkan proyek penerbitan kamus baru yang diberi nama "Selat Besar". Meskipun Majime orang yang kikuk, namun dengan kemampuannya dalam mendefinisikan sebuah kata atau kalimat, ia dipercaya dan ingin menyelesaikan proyek kamus itu sekaligus berharap dapat mengekspresikan perasaannya pada wanita yang disukainya.

9.Amagi Brilliant Park



Amagi Brilliant Park merupakan anime tentang pekerjaan yang menceritakan tentang sebuah taman hiburan yang hampir bangkrut. Sebagai manajer baru, Seiya harus menggunakan keahliannya agar Amagi tidak jadi ditutup.

Ceritanya sendiri berfokus pada bisnis strategi dan dibalut dengan Komedi yang lucu dan dipenuhi dengan karakter-karakter yang menarik.

Kanie Seiya terpaksa menerima permintaan dari seorang gadis misterius untuk datang ke sebuah taman hiburan. Sesampainya di tempat yang dijanjikan, ia terkejut ternyata gadis itu membawanya ke Amagi Brilliant Park, taman hiburan paling mengecewakan di Jepang. Yang mengejutkannya lagi, dia tiba-tiba diberi kepercayaan untuk menjadi manajer baru taman tersebut. Dia dipercaya mampu menghindari kebangkrutan pada Amagi Brilliant Park. Sebagaima diatur dalam kontrak penggunaan lahan, Amagi memiliki waktu kurang dari tiga bulan untuk memenuhi kouta 500.000 pengunjung, atau taman akan ditutup untuk selamanya.

Seiya juga diberitahu bahwa Amagi bukanlah taman hiburan biasa, banyak karyawannya adalah Maple Lander - makhluk gaib misterius yang hidup di dunia manusia dan diberi makan oleh energi yang diciptakan oleh perasaan orang-orang yang bersenang-senang. Dipercayakan dengan harapan dan impian dari negeri ajaib yang sangat jauh ini, Seiya sekarang harus menggunakan banyak keahliannya untuk membuat Amagi bangkit kembali, atau melihatnya hancur di depan matanya.

8.Blend S



Bagaimana seorang pelayan bekerja di sebuah kafe? Blend S menunjukkannya dengan cara yang unik dan menarik. Dalam anime Blend S, pelayan yang bekerja di kafe tersebut berprilaku berdesarkan karakter yang diberikan kepada mereka, Sadistic, Tsundere, Imouto, Oneesan dan Idol.

Ingin mandiri, Sakuranomiya Maika yang berusia 16 tahun sangat ingin mendapatkan pekerjaan paruh waktu sehingga dia mampu belajar di luar negeri. Sayangnya, lamarannya terus-menerus ditolak karena tampilan mengancam yang secara tidak sengaja dia buat setiap kali dia tersenyum, meskipun wataknya ceria.

Setelah wawancara gagal lainnya, dia berkesempatan mengunjungi sebuah kafe yang semua pelayannya harus melayani pelanggan dengan berprilaku berdasarkan karakter yang diberikan kepada mereka. Setelah melihat senyum Maika yang tampak mengancam, ia pun diterima bekerja di kafe tersebut. Maika pun diminta untuk menjadi pelayan yang sifatnya sadis. Bersama Hinata Kaho sebagai tsundere dan Hoshikawa Mafuyu sebagai adik perempuan, Maika memutuskan untuk memanfaatkan keunikannya dan memperkuat posisinya di kafe dengan kekejaman tanpa ampun.

7.New Game!



Anime tentang pekerjaan selanjutnya adalah seri anime berjudul New Game. Menceritakan tentang developer game dan desain karakter game.

Sejak kecil Suzukabe Aoba sangat menyukai serial game Fairies Story, terutama desain karakter utamanya. Jadi ketika dia lulus SMA, ia pun langsung melamar kerja di developer game Eagle Jump, perusahaan yang bertanggung jawab membuat video game favoritnya.

Ternyata pekerjaan seorang desainer karakter lebih rumit dan menyita lebih banyak waktu dari yang ia bayangkan sebelumnya.

Namun, berkat bimbingan langsung dari Yagami Kou, desainer di balik Faries Story, dan juga berkat dukungan dari rekan-rekan kerjanya, Aoba terus berjuang dalam mewujudkan cita-citanya tersebut.

6.Working!!



Working!! menceritakan tentang keseharian pegawai restoran yang dibalut dengan Komedi dan dipenuhi dengan karakter-karakter yang memiliki kepribadian aneh.

Selain Komedi kamu juga akan diperlihatkan sedikit hubungan asmara antara pegawai satu sama lain. Ini adalah kisah Romance-Comedy yang terjadi di sebuah restoran keluarga.

Karena kecintaannya pada hal-hal kecil dan lucu, Takanashi Souta tidak dapat menolak Taneshima Popura ketika dia merekrutnya untuk bekerja di Wagnaria, sebuah restoran keluarga yang berlokasi di Hokkaido. Takanashi kini harus bekerja paruh waktu bersama karyawan lain yang aneh; Popura gadis loli. Inami gadis pemalu yang selalu memukul pria yang ada didekatnya. Todoroki gadis ramah yang selalu membawa katana. Satou kepala koki yang mengintimidasi dan Souma koki yang sangat informatif.

5.WWW.Working!!



Meskipun ditulis oleh orang yang sama yaitu, Takatsu Karino dan memiliki judul yang mirip, tapi WWW.Working!! bukan lanjutan anime Working!!. WWW.Working bercerita di restoran yang berbeda namun memiliki konsep yang sama.

Higashida Daisuke, seorang siswa kelas satu SMA Higashizaka yang memiliki kepribadia serius. Dia menjalani kehidupan sehari-hari dengan damai meskipun dia merasa bosan dengan keluarganya yang sering membuat lelucon buruk. Suatu hari, perusahaan ayahnya yang bangkrut membuatnya tak mendapatkan lagi uang saku, uang pulsa, dan fasilitas lainnya yang sebelumnya ia dapatkan. Ketika ayahnya memintanya untuk bekerja paruh waktu, Higashida memutuskan untuk bekerja di sebuah restoran keluarga terdekat yang dapat ia tempuh dengan bersepeda.

4.Bakuman.



Pekerjaan sebagai mangaka adalah sebuah profesi spesial. Karena selain bekerja, mangaka juga memiliki kepuasan sendiri dalam menciptakan karya. Itulah yang digambarkan dalam seri anime berjudul Bakuman.

Sebagai seorang anak, Mashiro Moritaka bercita-cita menjadi seorang mangaka, seperti pahlawan dan paman masa kecilnya, Kawaguchi Tarou, pencipta manga lelucon yang populer. Tetapi ketika tragedi melanda, dia menyerah pada mimpinya.

Suatu hari, teman sekelasnya Akito Takagi, memperhatikan gambar di buku catatan Moritaka. Melihat besarnya potensi bakat seninya, Akito mendekati Moritaka, mengusulkan agar mereka bersama-sama menjadi mangaka. Setelah banyak meyakinkan, Moritaka menyadari bahwa dia mampu membuat serial manga populer, dia mungkin bisa membuat gadis yang dia sukai, Azuki Miho, untuk mengambil bagian dalam adaptasi anime sebagai pengisi suara. Dengan demikian pasangan tersebut mulai membuat manga dengan nama pena Ashirogi Muto, berharap menjadi mangaka terhebat di Jepang, yang belum pernah dilihat oleh siapa pun.

3.Sakura Quest



Bosan dengan rumah pedesaannya, lulusan perguruan tinggi baru-baru ini, Koharu Yoshino, sangat ingin menjalani kehidupan yang lebih menarik di Tokyo. Setelah mencari pekerjaan sana-sini, dia akhirnya mendapat panggilan pekerjaan dari sebuah biro agensi Traveling.

Ternyata, ia mendapatkan pekerjaan untuk bertugas menjadi duta pariwisata di sebuah kota kecil bernama Manoyama. Mendapat kontrak satu tahun, ia menjalankan tugas untuk menghidupkan kota itu kembali.

2.Servant x Service



Anime tentang pekerjaan selanjutnya adalah Servant x Service. Menceritakan tentang keseharian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dibalut dengan Romance-Comedy. Ini juga merupakan salah satu adaptasi dari manga 4-koma karya Takatsu Karino, orang yang sama yang membuat manga Working series.

Bercerita tentang kehidupan sehari-hari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kota Mitsuba, Hokkaido. Ketika Lucy lahir dulu, orang tuanya bingung memilih nama yang pantas untuknya. Karena ragu, mereka meminta pendapat ke orang lain. Tapi, karena nama-nama yang disarankan bagus semua, malah membuat mereka tambah bingung dan akhirnya menggunakan semua nama yang disarankan kepada mereka yang membuat nama Lucy jadi sangat panjang yaitu, Yamagami Lucy Kimiko Akie Airi Shiroi Rinne Yoshiho Ayano Tomika Chitose Sanae Mikiko Ichika (masih ada lanjutannya). Entah kenapa nama yang tak lazim ini disetujui oleh seorang PNS di Kantor Pelayanan Publik.

Lucy yang kini sudah menginjak dewasa, berhasil mendapatkan pekerjaan di Kantor Pelayanan Publik yang sama dan berencana untuk membalas dendam pada orang yang telah mengesahkan namanya. Tapi menjadi seorang PNS ternyata bukanlah pekerjaan yang mudah karena berhadapan dengan banyak orang yang sering marah-marah. Belum lagi dia juga harus beradaptasi dengan rekan-rekannya yang aneh.

1.Shirobako



Anime buatan P.A. Works ini bercerita tentang dunia yang identik dengan kerasnya dunia pembuatan anime saat ini berkat pandangan jujurnya terhadap tekanan bagi para animator serta rintangan bagi pengisi suara yang ingin masuk ke industri ini. Shirobaka adalah contoh nyata dari mimpi ideal dalam diri masing-masing yang kemudian bertemu realita yang ada dan harus beradaptasi dengan kenyataan tersebut.

Selain seru, anime ini juga memberikan Edukasi terkait pembuatan anime. Kamu akan diperlihatkan bagaimana para staf anime bekerja keras untuk mengerjakan anime dari nol sampai selesai.

Semuanya dimulai di sekolah menengah Kaminoyama ketika lima anggota klub animasi berhasil membuat anime amatir pertama mereka bersama-sama dan menampilkannya di festival budaya, mereka kemudian berjanji untuk pindah ke Tokyo, mendapatkan pekerjaan di industri anime dan suatu hari, bersama-sama menciptakan sesuatu yang menakjubkan.

Dua setengah tahun setelah itu, dua dari anggota; Miyamori Aoi dan Yasuhara Ema telah mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan anime, Musashino Animation. Pada awalnya, semuanya tampak berjalan dengan sempuran. Namun, perlahan-lahan mereka mulai menyadari bahwa hidup di industri anime ternyata lebih sulit dari yang mereka pikirkan.

Itulah list dari anime bertema pekerjaan. Jika ada yang terlewatkan bisakah kalian sebutkan judulnya di kolom komentar. Adakah favorit kamu?

Akankah ada bagian kedua? Kita lihat saja nanti...

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement